Yang Patut di Perhatikan Saat Memelihara Kelinci


Punya binatang kesayangan alias kelangenan memang menyenangkan tapi sulit dijalani,,, ya memang begitu adanya. Si bantek gendut lucu kelinci ini termasuk binatang malam, bisa dilihat dari ciri matanya yang merah *kata teman yang sudah berpengalaman membudidayakannya. Tapi sayang kelinci termasuk binatang yang gampang-gampang susah tuk dipelihara. Gampang masuk angin, kalau kandang kotor bisa kena scabies. Scabies itu sendiri adalah penyakit borokan pada kelinci.

Ini pengalaman saya waktu pernah punya kelangenan kelinci jenis giant, ternyata keteledoran yang biasa terjadi saat kita punya kelangenan ini dan waib untuk menghindarinya semaksimal mungkin antara lain :

  1. Memberi makan kangkung wortel atau sayur mayu yang benar benar masih segar. Kalau pemberian sayur segar terlalu sering bisa membuat kelinci mudah masuk angin, karena sayuran segar mengandung banyak air dan itu kurang cocok untuk kelinci. Jikalau ingin memberi sayuran sebaiknya sayura setengah layu. Atau sayu segar dicampur dengan katul pakan ayam. *lebih irit tentunya. Nah kalau ingin bau pipis dia tidak terlalu bau hindari pemberian sawi jenis apapun. Hindari juga pemberian daun bayam karena kalau terlalu banyak juga bisa membuat si kelinci itu mencret.
  2. Memberi porsi makan yang tidak teratur, misal ni,,, siang hari dikasih makannya lebih banyak ketimbang porsi untuk malam hari, kelinci kan binatang malam. Jadi pemberian pakan lebih diutamakan pada malam hari, untuk siang hari diberi makan palet saja atau pakan instan yang sudah ada di toko-toko.
  3. Kelinci juga butuh minum, sediakan juga tempat minum dan isinya juga ya,,,, sebaiknya sedikit saja, kata dokter hewan di dekat rumah kalau disediakan banyak persediaan minum dikandang itu juga bisa memicu dia terkena flu,, 😦
  4. Pastikan kebersihan kandang, jangan sampai pakan rumput jadi alas tidurnya dan kotor tu kandang kelinci. Penempatan kandang juga harus diperhatikan tidak boleh terkena sinar matahari langsung, harus tertutup rapat saat malam hari. meski dia binatang malam dia mudah masuk angin kalau kena angin malam. *itu pengalaman saya dulu waktu punya kelinci yang jenis giant.
  5. Setidaknya seminggu dua kali biarkan dia bermain-main diluar kandang agar tidak stress dan kita juga bisa bermain bersamanya. Potong kukunya supaya saat diajak main-main tak melukai kita atau kawan dia, lebih bagus lagi seminggu sekali dimandikan. Jangan asal mandi, lihat cerah dan tidaknya cuaca kalau tak punya pengering rambut atau sejenisnya yang biasa untuk mengeringkan bulu-bulu halusnya.
  6. Nahh ada lagi, kelinci itu seneng banget pacaran, jadi antara kelinci jantan dan betina sebaiknya dipisah meski punya sepasang. kalau tidak si betina bisa stress karena sering diaak pacaran sama si jantan. Dan kalau anda merasa kelinci anda itu bisa menjadi indukan yang bagus jangan asal dikasih pinjam ke orang untuk dikawin silangkan, itu bisa memicu stress dia yang ujung-ujungnya mati,,,,, :((

Intinya kelinci itu binatang yang mudah sakit, gampang stress tapi ngegemesinn,,, rajin rain memberi pakan dan membersihkan kandangnya bukan modal utama bisa punya kelangenan si bulat tak bisa tinggi ini bertahan lama. Banyak juga ya yang harus diperhatikan,,, semoga kelinci tetap sehat dikandangnya πŸ™‚

βŽα„½ββ βŽ 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s