Sri Gethuk Yuk,,,,


Air Terjun Sri Gethuk berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari arah Kota Yogyakarta kata kuncinya kalau kawan-kawan melewati kota Playen, dari pasar Playen ambil arah kiri searah dengan jalan menuju pantai Ngobaran-Ngrenehan, dan ikuti papan pintar alias papan penunjuk arah. Cukup dekat kalau untuk main antar kota dalam provinsi. Pada saat saya ke sana kebetulan setelah hujan, jadi air di sungai Oyo berwarna coklat. Maklum lah tanah disana kan tanah merah. πŸ™‚ tapi itu didak mengurangi keindahan pesona sudut Gunung Kidul.

Sri gethuk

dibawah guyuran air terjun

dibawah guyuran air terjun

Untuk melihat air terjun itu sendiri ada fasilitas gethek, jadi teman-teman tak perlu berjalan kaki untuk sampai kesana. Pada saat saya kesana memang airnya tak sehijau yang saya bayangkan, tapi tanaman di sekelilingnya WAW!!! keren. Hijau dan tidak ada kata gersang. Siapa bilang Gunung Kidul itu gersang. Jalanan menuju kesana semi aspal, memang masih ada beberapa jalan berbatu. Yang jelas sudah beraspal, meski sebagian ada yang masih berbatu kapur. Tak menjadi soal bagi saya karena itu adalah bagian dari ngebolang.

Antri naik gethek

Sesampai disana jalanan memang sedang dalam perbaikan, namun tidak mengganggu pengunjung yang datang. Jalan setapak sudah berupa titian tangga turun jadi kita tidak perlu takut terpeleset kalau anda kesana pada saat musim hujan tentunya. Untuk ke air terjunnya memang perlu sabar. Karena perahu tradisionil yang biasa disebut gethek ini berjalan lambat dan antri tentunya, satu perahu maksimal ditumpangi maksimal 10 orang termasuk pak sopir dan asistennya, jadi kalau sudah ada di perahu kecil itu kita bisa foto-foto dulu pegunungan yang hijau dan beberapa hilir sungai yang bisa menghilangkan stress tentunya.

pinggir sungai Oyo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s