Gua Rancang Kencono


Masih di daerah Playen, Gunung Kidul tepatnya kurang lebih satu setengah km sebelum air terjun Sri Getuk ada sebuag gua. Masyarakat memperkenalkannya dengan nama Gua Rancang, saksi bisu berjalanan kemerdekaan Republik Indonesia. Konon pada masa perjuangan tempat ini digunakan sebagai persembunyian para pejuang yang mengginginkan Republik berdiri kembali. Hal itu dijelaskan oleh salah seorang pemandu yang sambil membacakan 12 janji para pejuang yaitu “Prasetya Bhinekaku” yang berada di ruang paling dalam. Janji prasetya tersebut menggunaan ejaan lama Djaya = jaya, Djiwaraga = jiwagara.

prasasti di gua rancang kencono

Dari 12 Prasetya Bhineka itu hanya beberapa yang bisa saya baca dari hasil bidikan kamera diantaranya adalah

  • Jiwa ragaku setia merana
  • Ya tuhan terbitkan matahari
  • Jaya Presiden Kita RI
  • Setia H.B Sri Sulatan DIY
  • Garuda Pancasila berjaya

karena terlalu terkesima dengan penjelasan dari pemandu mengenai prasasti dan sejarah goa tersebut, tulisan ituΒ  juga mulai memudar, dan kamera yang kami bawa terlalu canggih untuk memotret di kegelapan.Β  πŸ™‚ Terlalu banyak alasan ya,,Β  Disebelah kanan prasasti ada gambar burung garuda pancasila yang katanya dilukis dengan arang, oleh para pejuang kita juga tentunya. Dan disebelahnya lagi konon ada gambar kunci yang bisa digunakan untuk membuka pintu gaib goa menuju pelataran Mataram dengan cara bersemedi. Percaya tidak percaya itu kembali pada kepercayaan kita masing-masing.

Garuda Pancasila

Garuda Pancasila

gua rancang

Lokasi di atas gua biasa digunakan untuk outbond dan kegiatan perkemahan lainnya. karena lokasi memang cukup luas dan cocok untuk kegiatan di alam terbuka. Tapi sayang tangan-tangan jahil banyak yang tak mau kalah menuliskan nama-nama mereka dan tahun mungkin sebagai bukti kalau mereka sudah pernah berkunjung kesana ya? 😦 bukan cara yang bijak. berfoto di depan goa sudah sebagai bukti kalau kawan-kawan pernah kemari itu lebih baik.

pohon beringin yang terawat

tangga menurun goa

Foto Prasetya Binekaku klik di sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s