Kucing Peliharaan Wajib Mandi


Punya binatang kesayangan yang berbulu halus seperti anjing, kucing dan kelinci, kita tidak boleh bermalas malas hore hanya memberi makan minum. Membiarkan mereka bermain kesana kemari tampa memperhatikan kebersihan bulunya. Teman-teman pasti tau kan isu diluar sana banyak cerita penyakit ini itu yang asalnya dari binatang. Nah sedikit cerita ni,, sekedar share bagai mana caranya memanndikan kucing yang menyenangkan. Tidak ada salahnya pada saat memandikan gunakan masker penutup hidung, karena bulu kucing itu halus mudah terbawa angin dan kalau terhirup bisa bersin-bersin sendiri nanti.

  • Sebelum memandikan kucing cek dulu kuku-kuku mereka, kalau panjang potong kukunya dulu ya.
  • Kucing tidak suka dengan air, apa lagi air dingin. Gunakan air panas suam-suam kuku untuk, dan sediakan dua ember air. Yang satu untuk membasahi sebelum disabun, dan air di ember kedua untuk membilasnya.
  • Pada saat mandi, gunakan shampoo khusus kucing atau kalau ingin yang murah meriah pakai saja shampoo bayi yang jelas gunakan shampoo yang tidak membuat bulu kucing mudah rontok. 🙂 Pegang dua kaki depan dan dua kaki belakang lalu guyur pelan-pelan dengan air sampai semuanya bisa basah sampai ke kulit. Ingat jangan sampai masuk ke telinga ya airnya. Nati kucingnya bisa sakit masuk angin. Setelah diguyur air hangat atau masukkan perlahan ke ember pertama barulah di sabun dengan shampo pijat-pijat agar shampo bisa meresap sampai ke kulit juga dan bersihnya merata tidak hanya di bagian luar merata ke seluruh bagian kecuali kepala. Setelah semua bersih kemudian guyur dengan air sampai busa bersih, dan untuk terakhir kali masukkan ke ember kedua, dibilas begitu ceritanya.
  • Siapkan kain bersih untuk mengeringkan bulu si cuking kesayangan setelah dimandikan, usap dan jangan lupa bersihkan juga bagian telinga serta hidung dari kotoran.
  • Dan untuk mengeringkannya disa menggunakan hair dryer atau dijemur di panas matahari pagi. Kalau dijemur dibawah sinar matahari pagi, masukkan ke dalam kandang agar mereka tidak kotor lagi.

Tidak terlalu sulit kan kawan, mandikan kucing pada saat cuaca cerah seminggu minimal satu kali, kalau terlalu sering mandi nanti kucingnya bisa stress. Kalau si meong sudah terbiasa dimandikan, biasanya mereka nurut dan tidak terlalu rewel. Jangan lupa beri juga obat cacing secara berkala, makanan yang sehat biar kucingnya tambah ndut.. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s