Ngono yo nggono ning ojo nggono, Tahu Diri lahhhh,,,,


Dalam istilah orang jawa ada yang namanya “ngono yo nggono ning ojo ngono” kalau dalam bahasa indonesia “begitu ya begitu, tapi jangan begitu“. Saya sendiri masih bingung dan masih belajar banyak tentang hidup ini. Misalnya saja dalam tingkah laku kehidupan sosial.

Misalnya anak kost yang tinggal di perkampungan warga yang padat penduduk.  Sudah malam bahkan lewat tengah malam masih bercanda ria dengan sesama anak kost yang lain dengan suara yang “double stereo”, kalian sebagai anak kost  juga punya tetangga yang setiap orangnya memiliki kebutuhan sendiri. Perlu istirahat, berangkat ke sekolah pagi-pagi, perlu belajar dengan “tenang”. Tapi dengan kegaduhan anda itu membuat orang lain tidak tenang, jadi ya intinya bercanda ria itu boleh tapi tau waktu lah, kalau sudah malam jangan keras-keras suaranya kasihan tetangga yang lain. 😀

Misalnya lagi, kita butuh bantuan orang lain untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti beres-beres rumah, seorang majikan yang memiliki pembantu. Dimana-mana pembantu memang tempanya disuruh-suruh, kalau jadi pembantu tahu diri dunk, berangkat pada waktu yang disepakati kalau tidak ada halangan. Kerjakan tugas beres-beres rumah yang bersih, majikan minta dibuatkan kopi ya dibuatkan. Tapi sebagai seorang majikan, jangan mentang-mentang majikan. Minta tolong pembantu untuk membuatkan kopi sambil teriak-teriak “simbok,, kopinya mana!!!”, lha bilang yang baik lah,, “mbok minta tolong bikinkan kopi ya,,” jangan lupa sambil senyum.

Mentang-mentang majikan,  sudah tahu rumah disapu dan dipel sama pembantu, sudah rapi-rapi ehh langsung di acak-acak seisi rumah. Mana yang ambil buku disebar-sebar di lantai tanpa dikembalikan ditempat buku, cari baju teriak-teriak,, “mbok bajuku yang ini mana??”. yang manusiawi dunk. kalau rumah sudah dirapikan pembantu ya sebaiknya ambil dan letakkan pada tempatnya. butuh cari baju yang tidak ada di almari, cari lah di tempat pakaian kering, toh itu rumah anda kan?  belajaar saling menghormati tidak ada salahnya.

🙂 ini lah kira-kira penjelasan “ngono yo ngono ning ono ngono” dalam kehidupan sehari-hari. kalau ada salah boleh di koreksi 🙂 trims smua atas inspirasinya.

salam sukses selalu 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s