Kiat Menabung


Menjadi anak kost kita benar-benar di tuntut untuk bisa hidup mandiri, mulai dari mengatur uang jajan, uang makan, serta  disiplin diri setiap harinya. Banyak anak kost yang memiliki rasa simpati satu dengan yang lain tapi tak bisa dipungkiri banyak juga yang cuek-cuek bebek. Kalau anak-anak kost yang memiliki simpati biasanya mereka sering share tentang hal-hal positif salah satu diantaranya tentang  bagaimana menyisihkan uang bulanan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyisihkan uang bulanan agar ketika bu kost datang tiba-tiba dan nodong uang kost kita tak kelabakan antara lain

  1. Sisihkan uang untuk setiap minggu misalnya, dalam satu minggu minimal harus menyisihkan uang  Rp10.000; dan uang itu jangan diganggu gugat. Dalam artian uang tetap ada dalam celengan si ayam jago kecuali dalam keadaan mendesak seperti kita sedang  sakit dan  untuk membeli obat.
  2. Sisihkan minimal 10% dari jumlah uang bulanan dan disimpan di bank. Kalau point perrtama tabungan ada di kamar kita.
  3. Kalau membeli kebutuhan bulanan perkirakan bisa dipakai untuk dua bulan. Jadi tidak setiap bulan kita bingung mondar mandir beli sabun , beli ini beli itu apalagi pinjam atau minta teman kost. Minta teman kost asal tidak sering-sering tak maslah :).
  4. Bagi cewek jikalau ingin pergi berbelanja baju  ke toko atau mall sebaiknya bukan melihat model yang sedang in saat itu, tapi lihatlah model yang sudah in beberapa waktu lalu tapi masih bisa disebut in pada saat ini. Dan yang lebih penting  lihat diskon yang sedang ditawarkan, itu akan menghemat beberapa persen pengeluaran kita.
  5. Apabila ingin pergi menlancong, perkirakan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan jangan sampai bulan depan kita mengalami devisit atau kekurangan uang. Apabila ingin menghemat uang coba mengisi waktu luang dengan meminjam buku bacaan atau meminjam film yang sesuai keinginan.

semoga beberapa point diatas membantu untuk teman-teman yang berstatus anak kost baru. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s