Macam-Macam Gaya Bahasa


Dalam bertutur kata, menulis sebuah artikel ataupun sejenisnya, pastilah ada beberapa ungkapan yang sengaja kita perhalus dan mungkin kita membuat suatu kiasan sehingga kataataupun kalimat tersebut menjadi sebuah kalimat yang memiliki karakter gaya bahasa tersendiri. Beberapa macan gaya bahasa yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

Alusio merupakan majas atau pernyataan yyang dibuat dengan maksud yang disampaikan secara kias, namun hanya sebagian saja karena pada umumnya khalayak sudah mengetahui kelanjutan maksud dari kalimat yang sebenarnya. misalnya : Bukan hal yang asing lagi jikalau dalam meraih kesuksesan kita harus berakit-rakit kehulu.

Antiklimaks adalah suatu pernyataan yang disusun secara berrutan dari yang paling tinggi semakin menurun atau kepada yang paling rendah.  Misal : Di kota-kota, di desa-desa, dan di kampung-kampung diadakan perayaan menyambut ulang tahun Kemerdekaan. Menit berganti detik, detik berganti jam, jam berganti hari sudah cukup lelah aku menunggumu di sini.

Antitesis yaitu pernyataan yang diungkapkan dengan kata-kata yang saling bertentangan. Misalnya : Hidup matinya orang tua ada pada kesuksesan yang kau raih.

Antonomasia yaitu keterangan sesuatu hal yang dijadikan pengganti benda atau sesuatu yang mempunyai keterangan tersebut.

Apofasis

yaitu suatu cara menghasilkan sesuatu tetapi dengan cara seolah-olah menyangkalnya. Misal: Tidak perlu saya jelaskan bahwa dialah orang yang menipu saya.

Asidenton yaitu suatu cara mengungkapkan peristiwa atau suatu hal secara berurutan dengan tanpa menggunakan kata sambung.

Enumerasi, yaitu suatu cara menggungkapkan suatu peristiwa atau keadaan secara terpisah-pisah bagian demi bagian.

Epimisme atau disebut juga ungkapan penghalus. Ialah suatu cara menggungkapkan pikiran atau perasaan dengan menggunakan kata-kata yang berarti baik dengan maksud agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Eponim, yaitu suatu cara menggungkapkan sesuatu dengan mengambil sifat-sifat yang dimiliki oleh nama-nama yang telah dikenal. Misal : Lihatlah srikandi-srikandi kita sedangberbaris dengan gagahnya.

Sumber :

Hand Out Bahasa Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Majas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s