Galeri

[Fauna] Jalak Penyu


Jalak Penyu adalah salah satu dari beberapa macam spesiesnya, burung jalak ini memiliki ciri-ciri badan ramping, bulu hitam mengkilap, mata putih, berparuh kuning dan kaki berwarna kuning agak putih. Selain itu apabila saya perhatikan burung ini memiliki sifat yang paling unik dibanding oceh-ocehan yang lainnya yaitu senang sekali bermain dengan air, jadi jikalau memelihara burung ini, tak perlu ribet untuk memandikannya cukup taruh cawan yang sesuai dengan ukuran badan siburung dan isi dengan air maka si jalak ini akan berkecimpung mandi sendiri.

Jalak jenis ini doyan makan alias makannya banyak jadi wajar kalau pup-nya juga banyak,  jadi perlu tenaga ekstra untuk merawat kebersihan kandangnya. Dia juga bisa menirukan suara kicauan burung lain meskipun tak sempurna, oceh-ocehen jenis ini hampir mirip dengan beo, jikalu sudah jinak wahh bakalan ramai rumah karena dia hobby juga berkicau. Apalagi pas hujan turun atau ada orang lewat :D seperti anjing kalau ada orang lewat si anjing menggonggong tapi kalu si jalak berkicau.

Dalam merawat jalak jenis ini tidak terlalu sulit, cukup beri makan biji-bijian dan pakan instan yang banyak beredar di toko pakan burung, bersihkan kandang secara teratur karena pup-nya adalah sarang penyakit, jangan lupa kalau membersihkan pup semprot papan tempat pup dengan karbol agar baunya tidak terlalu khas. Bersihkan juga tempat minumnya jangan sampai berlumut ataupun kotor, tempat pakan harus kering jangan sampai pakan instan atu biji-bijian yang dijadikan pakan itu lembab. Pada pagi hari jemur di terik mentari pagi sembari isi cawan tempat mandinya karena dia doyan banget mainan air. Apabila malam hari taruh di tempat yang teduh dan aman, alasan yang utama pastinya selain agar burung tetap sehat  jangan sampai dicuri orang :D.

Jikalau ada yang mampir ke web ini bisa memberikan masukan dan berbagi pengalaman dengan meinggalkan comment dibawah ini, trims semoga artikel ini bermanfaat untuk para pencinta oceh-ocehan. :)

sumber:
http://maztanto82burocehan.blogspot.com/
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=415230642

About these ads

13 comments on “[Fauna] Jalak Penyu

  1. Saya juga punya jalak begitu, but kadang ada yang bilang jalak kebo, jalak sungu, atau jalak awu. tapi kalao ciri2 sih seperti tadi, mata putih, suka mandi, dan mulai bisa menirukan suara orang. ku beli 250 rb. murah to, dari pd beo 750 rb

    • betul betul betul,, jalak kebo, jalak penyu jalak sungu beda2 tipis. ada yang bulunya hitam pekat, ada juga yang hitam agak coklat, 250rb termasuk murah itu pak,

      kalau yang masih cikal alias bakalan tu dulu saya pernah ditawari 250rb tapi sepasang. kalau yg sdh tua mlh ada yg jual 150rb tapi cuma 1 ekor. :)

  2. Aq punya jalak penyu..dulu aq beli 150rb, itupun msh bljar, ngoceh. ocehannya siulan. Makanannya cukup ringan hanya pur ayam ama pisang kepok matang. Tp stlh 2 bln aq pelihara makanan aq tmbah, stiap pagi aq ksih jangkrik 3 ekor, dan sore 2 ekor. Skrng ocehan siulannya smkin keras,. Bsa mnirukan suara anak ayam… ayam betina… bhkan bsa bervariasi ocehan lainnya. Jngn lupa pemeliharaan burung hrs ttap diperhatikan.. Mudah2an bg agan2 yg punya burung jalak penyu bsa sperti burung jalak penyu milik aq.. Wach… pokoknya top bngt…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s